Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Tips Cara Belajar Efektif di Masa Pandemi

 


Suka atau tidak suka, siswa harus belajar di rumah. Situasi pandemi Covid 19 membuat siapapun, mau tidak mau, siswa dan guru tidak dapat melakukan proses pembelajaran tatap muka di kelas.

Sampai kapan belajar di rumah? Entah sampai kapan, belum ada yang dapat memastikan. Namun, sekurangnya 6 bulan lagi hampir dapat dipastikan bahwa belajar masih harus di rumah.

Selama ini, pihak sekolah sudah berupaya melakukan penyesuaian dengan situasi pandemi. Pembelajaran dilakukan melalui video conference, di mana guru mengajar di depan kamera di suatu kelas atau tempat, sementara siswanya menyaksikan melalui Hp atau laptop di rumah masing-masing.

Tentu saja, belajar jarak jauh di rumah masing-masing akan menemui banyak kekurangan. Respon sebagian besar siswa menyatakan bahwa ada banyak kesulitan selama mereka belajar tanpa tatap muka. Mulai dari soal motivasi, disiplin, kemandirian, teknis sinyal internet, paket kuota, hingga cara mengajar guru itu sendiri.

Jangan lupa, tidak hanya siswa yang perlu melakukan penyesuaian dan mengalami kesulitan selama proses pembelajaran jarak jauh. Guru pun mengalami hal yang hampir sama, perlu menyesuaikan diri dengan cara mengajar melalui e-learning

Kesulitan pun pasti dialami, mengingat proses perubahan cara mengajar dilakukan secara tiba-tiba. Intinya, guru pun perlu banyak belajar juga untuk bisa mengembangkan cara pembelajaran jarak jauh secara baik dan efektif.

Saat ini, tidak perlu lagi untuk berkeluh kesah. Apalagi saling menyalahkan atas kekurangan masing-masing pihak. Yang diperlukan adalah kesadaran, motivasi yang kuat, terutama dari siswa untuk mau belajar sendiri di rumah. 

Berikut ini adalah tips cara belajar efektif di masa pandemi bagi siswa:

1. Miliki motivasi yang kuat untuk tetap bisa belajar sendiri di rumah.

2. Belajarlah demi kepentingan diri sendiri agar tetap tidak tertinggal dalam penguasaan materi pelajaran.

3. Jadwalkan waktu belajar oleh diri sendiri, di luar jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah melalui video conference. 

4. Belajarlah berdisiplin diri, untuk mau mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh diri sendiri. Tentukan materi pelajaran apa dan kapan jadwal belajarnya, berapa lama yang dibutuhkan.

5. Bacalah materi pelajaran yang terdapat pada buku pegangan. Selanjutya, kerjakan soal-soal latihan dan tugas yang diberikan oleh guru.

6. Catat materi pelajaran dan soal-soal yang dianggap sulit untuk dikuasai, tanyakan kepada guru yang bersangkutan melalui sarana pesan WhatsApp.

7. Lakukan belajar secara berkelompok online melalui sarana grup WA. Bisa juga melakukan video call secara terbatas melalui WA. Diskusikan materi atau soal yang perlu dibahas untuk dikuasai. Bikinlah kelompok belajar online dengan teman-teman sekelas yang dianggap bisa diajak serius belajar. 

8. Beritahu pihak keluarga di rumah untuk bisa memberi dukungan dan pengertian, serta motivasi dalam belajar mandiri di rumah.

9. Jangan malas, lakukan kebiasaan rutin sebagaimana biasanya, seperti mandi, makan, tidur, menjaga kerapihan dan kebersihan diri dan lingkungan di rumah.

10. Tetaplah rajin berdoa, beribadah sholat, dan mengaji.


Demikian, semoga bermanfaat.


20 komentar:

  1. Aldi jupriadi
    X IPS 3
    Semoga pandemi covid 19 cepet berakhir aamin.

    BalasHapus
  2. terimakasih atas informasinya bu
    thania nesha riswana
    x ips 3
    semoga segara cepet pulih

    BalasHapus
  3. Warda Muslimah
    X IPS 2
    benar bu saya kesulitan belajar tanpa tatap muka dan susah mengatur waktu belajarnya.Terimakasih atas tips nya,ini akan sangat bermanfaat untuk saya dan yg lainnya.Semoga kondisi kembali membaik agar siswa bisa melaksakan pembelajaran secara tatap muka

    BalasHapus
  4. tips tips yang diberikan sangat membantu saya dan mudah untuk dipahami, terimakasih atas ilmunya ibu!

    BalasHapus
  5. tips tips yang diberikan sangat membantu saya dan mudah untuk dipahami, terimakasih atas ilmunya ibu!
    Siti khoerunisa az-zahra
    X IPS 2

    BalasHapus
  6. terima kasih bu tipsnya! saya jadi punya motivasi lagi untuk giat belajar di masa pandemi seperti ini

    Rafly Perdana Kusumah [27]
    X MIPA 4'24

    BalasHapus
  7. Terimakasih bu atas artikelnya saya jadi lebih memiliki motivasi untuk giat belajar di masa pandemi sekarang ini. Semoga negara kita cepat pulih dan bisambisa kegiatan proses pembelajaran seperti dulu

    Nama: zachra Salsabila
    Kelas : X MIPA 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  8. Terima kasih, menarik sekali artikel yang dibagikan dan juga menambah manfaat. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informari artikel lain http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1164-cara-belajar-efektif-mandiri-di-masa-pandemi

    BalasHapus
  9. Tips nya sangat membantu, kita jadi lebih memiliki motivasi lg untuk belajar

    BalasHapus
  10. tips yg membantu jika belajar di rumah

    Haikal Apriansyah
    x mipa 1

    BalasHapus
  11. Tips tips yang sudah ibu berikan sangat membantu dan memotivasi saya untuk belajar lebih efektif lagi dirumah.Terimakasih ibu,artikelnya bermanfaat sekali.

    Nama:Dwi sari Ariyanti(09)
    Kelas:X IPS 1

    BalasHapus
  12. terimakasih bu atas artikelnya, tipsnya sangat bermanfaat, saya jadi mengerti bagaimana tips belajar efektif ketika pandemi seperti ini.

    Naufal Zulkarnain
    X IPS 3

    BalasHapus
  13. Terimakasih bu atas artikelnya saya jadi lebih memiliki motivasi untuk giat belajar di masa pandemi sekarang ini. Semoga negara kita cepat pulih dan bisambisa kegiatan proses pembelajaran seperti dulu

    Nama: zachra Salsabila
    Kelas : X MIPA 7

    BalasHapus
  14. Terimakasih bu tips nya sangat membantu menumbuhkan semangat belajar saat masa pandemi

    Zazkia aprilianti (35)
    X mipa 1

    BalasHapus
  15. Terimakasih bu atas artikelnya. Beberapa tips yang telah diberikan sangat bermanfaat dan dapat membangun motivasi saya untuk tetap belajar dengan sungguh-sungguh walaupun saat pandemi seperti ini.
    -Haya Auliya K.S (14) X MIPA 7

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu tipsnya, semoga bisa memotivasi saya untuk lebih giat belajar lagi.
    Arya Riyadhi Zahran (3)
    X MIPA 5

    BalasHapus
  17. Artikel nya sangat memotivasi saya untuk belajar lebih giat dan lebih efektif lagi.
    Terimakasih bu, artikel nya sangat bermanfaat dan memotivasi saya untuk giat dan efektif belajar.

    Nama : Putri Regina Fadillah Natasya
    Kelas : X IPS 1
    Angkatan 24

    BalasHapus
  18. Terimakasih bu tipsnya,informasi yang ibu berikan sangat bermanfaat untuk saya
    Putri cahaya amalia
    X MIPA 5

    BalasHapus
  19. Terimakasih bu, tipsnya membantu saya tetap belajar saat pandemi seperti ini

    Muhammad Fauzan Adzima (20)
    X MIPA 7'24

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas tips nya ibu,sangat membantu untuk tetap belajar saat masa pandemi seperti ini

    Ranti Dwi Rahmaniya (31)
    X MIPA 6

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.