Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Tiga Universitas Muhammadiyah Kuasai 10 Besar Universitas Islam Terpopuler di Dunia


SRIE, - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si. menyampaikan kabar gembira mengenai  pengumuman peringkat Universitas Islam teratas di dunia. Dikatakannya, bahwa 3 universitas milik Muhammadiyah masuk 10 besar peringkat universitas Islam terpopuler di dunia.

Hebatnya lagi, posisi teratas atau peringkat pertama diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dua universitas lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), peringkat keempat dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), peringkat kedelapan.

"Alhamdulilah sungguh menggembirakan menerima pengumuman "The 2021 uniRank: University Ranking of The Top Islamic Universities in The World. Dari urutan sepuluh besar, berhasil UMM menempati nomor satu atau teratas, disusul nomor empat UMY dan UMS pada urutan kedelapan," ucapnya, melalui cuitan akun Tweeter miliknya @HaedarNs,  Kamis hari ini (18/2/2021, pukul 09:46 WIB).


Tiga Universitas Muhammadiyah kuasai 10 besar universitas terpopuler dunia


Atas keberhasilannya itu, Haedar Nashir, atas nama PP Muhammadiyah memberikan apresiasi tinggi dan terima kasih kepada jajaran Muhammadiyah, seperti PTM, Majelis Diklitbang dan PWM, serta semua komponen yang berkhidmat sepenuh komitmen, kesungguhan, pengorbanan, dan yang tiada henti dalam spirit tidak banyak bicara, tetapi banyak kerja.

"Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif, serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan Persyarikatan umat, bangsa dan kemanusiaan global," imbuhnya.

Haedar menegaskan,  apa yang dilakukan Perguruan Tinggi dan Amal Usaha Muhammadiyah yang diakui secara nasional dan internasional itu membuktikan bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul, menebar kebaikan bagi umat, bangsa dan dunia.

Secara keseluruhan, Indonesia menempatkan 5 universitas Islam terpopuler di dunia. Selain universitas milik Muhammadiyah, ada 2 lagi universitas lainnya, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Berikut adalah daftar 10 besar peringkat Universitas Islam Terpopuler di dunia versi uniRank yang dimuat melalui laman 4icu.org.

1. Universitas Muhammadiyah Malang (Indonesia).
2. Iran University of Science and Technology (Iran)
3. Cairo University (Mesir)
4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Indonesia)
5. Um Al-Qura University (Saudi Arabia)
6. Shahid BahestiUniversity of Medical Sciences (Iran)
7. Universiti Islam Antar Bangsa Malaysia (Malaysia)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia)
9. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Indonesia)
10. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (Indonesia).

uniRank adalah lembaga independen yang berbasis di Sydney, Australia, untuk direktori pendidikan tinggi internasional terkemuka dan mesin pencari yang menampilkan ulasan dan peringkat di lebih dari 13.800 universitas dan college  yang diakui secara resmi di 200 negara di dunia.

Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan web metric yang valid, tidak bias dan bersifat independen pada universitas atau college yang memiliki kriteria, antara lain diakui secara resmi oleh negara, menyelenggarakan pendidikan strata 1, minimal 4 tahun, program pasca sarjana (magister dan doktoral), serta melakukan  pembelajaran secara tatap muka.

Pada laman 4icu.org, disebutkan bahwa sejak 2005, lembaga ini tiap tahun melakukan publikasi mengenai peringkat universitas dunia untuk sejumlah kategori, antara lain Top 200 Universities in The World,  Top 200 Universities in Europe, Asia, Africa dan lain-lain.***

Tidak ada komentar

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.