Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Profil Pribadi


Dra. Sri Endang Susetiawati, M.Pd. adalah seorang guru PNS di SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat. Ibu dari 3 anak laki-laki ini, lahir di Sindanglaut, Cirebon, pada 51 tahun lalu.

Pendidikan SD, SMP dan SMA ia tempuh di kota Kuningan. Kemudian, pada tahun 1988 ia melanjutkan kuliah di Jurusan Pendidikan Sejarah Strata 1 (S-1) IKIP Bandung melalui jalur PMDK, dengan menerima Beasiswa Supersemar, hingga lulus tahun 1993.

Akhir Januari 2013, ia meraih gelar S-2, Magister Pendidikan (M.Pd.) Program Studi Pendidikan Ekonomi dari Universitas Kuningan (UNIKU). Tesisnya yang berjudul "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Internet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa" telah mengantarkannya sebagai lulusan terbaik dengan predikat cum laude.

Sejak kuliah, tulisan artikelnya sempat dimuat pada harian umum di Bandung, seperti Pikiran Rakyat dan Gala (Galamedia). Sejumlah penghargaan yang pernah diterima, antara lain :

1. Juara 1 lomba karya ilmiah tingkat Provinsi tentang lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Provinsi Jawa Barat, tahun 1995.

2. Pemenang 1 Sayembara Karya Tulis Tingkat Nasional Kategori Dosen dan Umum yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, tahun 2010.

3. Juara 3 Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Ketogori Umum yang diselenggarakan oleh Dispenal Mabes TNI AL, tahun 2011. 



4. Juara 2 Lomba Guru Menulis Kreatif, pada Konferensi Nasional Guru Blogger yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya, tahun 2012.

Hingga kini, ia masih terus menulis artikel opini, berita, dan tulisan fiksi yang dimuat dalam blog miliknya sendiri, yakni Blog Srie. Blog yang dibuat sejak 2010 itu,  kini telah memuat sekitar 800 tulisan yang beralamatkan di www.srie.my.id.

Sejumlah buku pernah ditulisnya, antara lain:  

1. Kunci Rahasia Sukses Belajar, Sukses Masa Depan
2. Islam, Ajaran Damai dan Perubahan Sosial
3. Guru dan Kritik Pendidikan 
4. Novel Meraih Tiket Surga
5. Upaya Sekolah Dalam Pencegahan Peredaran Narkoba.

Pengalaman kerjanya dimulai sejak tahun 1992 dengan menjadi Guru Sejarah berstatus Guru Tetap Yayasan (GTY) di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung (1992-1998). Di SMA ini, pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah.  Pernah mengajar juga di SMA PGII 1 Bandung (1994 – 2002). Pernah menjadi Guru Sejarah di SMPN 1 Kalimanggis, Kuningan (2000-2015). Kini, ia mengajar sebagai Guru Sejarah pada SMAN 2 Kuningan  hingga sekarang.

Perhatiannya pada dunia pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan mendirikan sebuah lembaga bernama SRIE atau singkatan dari Sri Rachman Institute for Education. Lembaga SRIE didirikan pada tanggal 22 Desember 2010. Pendirian SRIE didedikasikan untuk pengembangan pendidikan, baik pendidikan formal (sekolah) maupun non formal dan informal (berbasis masyarakat). 

Saat ini, ia pun memegang amanah sebagai Ketua Majelis Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) di organisasi kemasyarakatan (ormas) Aisyiyah Kabupaten Kuningan. Ormas di bawah naungan Muhammadiyah ini menyelenggarakan sejumlah pendidikan sekolah pada tingkat TK (TK Aisyiyah) dan SD (SD Aisyiyah) di wilayah Kabupaten Kuningan.

Di bidang jurnalistik, ia aktif mengelola Buletin PGRI Kuningan yang terbit bulanan, sebagai  Staf Redaksi / Penanggung Jawab Editorial.*** []




19 komentar:

  1. Salut ... salut... selamat...

    BalasHapus
  2. Terima kasih (bu) umi...
    Salam persahabatan

    BalasHapus
  3. Blog luar biasa, yang seperti ini yang saya suka. Izin Link Bu Srie di Blog saya bu

    BalasHapus
  4. Mohon izin saya link blog bu Srie pada Blog saya

    BalasHapus
  5. Terima kasih Pak Subhan, silakan di-link, semoga bermanfaat.

    Salam persahabatan

    BalasHapus
  6. Sy ikut support for SRIE, semoga suksess selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims atas supportnya.
      Ayo rajin menulis utk berbagi..
      salam utk teman2 MGMP IPS di Malang

      Hapus
  7. Balasan
    1. Met malam, Bang Robert Siregar.. Apa kabar?
      Trima kasih atas apresiasinya,
      Saya cuma Blogger pemula.. hehe..

      Salam persahabatan

      Hapus
  8. Wilujeung tepang salam kenal ti Sumedang tinggal di Bekasi mengajar di LPIT Thariq Bin Ziyad

    BalasHapus
  9. Muhun. Kumaha damang, bu Rukayah? Salam kenal kembali.

    Hatur nuhun,
    salam persahabatan

    BalasHapus
  10. salam kenal bu srie, hebat untuk semua prestasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Tenjo. Salam kenal juga.

      salam persahabatan

      Hapus
  11. saya salut dengan blog ini isinya lengkap dan bermutu. Semoga kerja keras dari ibu sri untuk mengembangkan blog ini menjadi pengabdian tanpa batas membumikan peradaban yang sehat dan genuine.

    Saya yakin dan percaya blog ini akan berkembang pesat.

    Saya memiliki blog portal berita buku, semoga ibu berkenan mengunjunginya di http://www.sehabooks.blogspot.com/

    Semoga sukses
    sehabuddin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Pak Sehabudin atas kunjungan dan apresiasinya.
      Saya akan kunjungi blognya.

      Salam persahabatan

      Hapus
  12. Salam kenal dan sukses buk... seorang blogger dari Pagar Alam Sumatera Selatan

    BalasHapus
  13. wah mantap nih blog ibu Srie,.saya sebagai seorang guru merasa terbantu dengan informasi yang ada diblog ini,jgn lelah untuk tetap berkarya yaa buk..salam cikgu..

    BalasHapus
  14. hebat... senang bisa mengunjungi blog yang ibu bikin...jadi tambah informasi

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.