Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Mudah Menulis Cerpen

 



Apa sih itu Cerpen? Jelas tulisan berupa Cerita Pendek. Kenapa disebut cerita pendek? Untuk membedakan dengan tulisan cerita fiksi dalam bentuk lain yang panjang-panjang, seperti Novel atau Cerita Bersambung.

Dalam sejarahnya, Cerpen ditulis untuk mengisi salah satu kolom di media koran. Saat itu, orang baca Cerpen di koran hanya selintas saja, sudah cukup dan selesai.

Cerpen memang merupakan tulisan cerita yang habis dibaca dalam jangka waktu sangat pendek, sekitar maksimal 5 menit saja. Untuk itulah, maka dalam tulisan Cerpen, ide atau pesan yang ingin disampaikan harus fokus pada satu ide saja.

Plot cerita pun harus lebh fokus pada satu babakan cerita, tidak kemana-mana. Karena, dalam Cerpen yang dipentingkan adalah pesan atau kesan yang ingin disampaikan. Bukan cerita itu sendiri.

Karena diharuskan serba pendek, baik waktu baca atau ceritanya, maka Cerpen yang bagus adalah yang mampu membetot perhatian di awal. Kalimat awal pembuka menjadi sangat penting agar Cerpen menjadi menarik bagi pembaca untuk melanjutkan hingga selesai.

Berikut ini beberapa hal terkait cara menulis Cerpen yang baik dan menarik.

1. Temukan tema, gagasan atau pesan yang ingin disampaikan. Temanya apa? Religi, keluarga, persahabatan, percintaan, kritik sosial atau lainnya. Ide atau gagasan haruslah menarik, bila perlu aktual, relevan dengan perkembangan terkini agar pembaca dapat langsung mengaitkannya dengan situasi terakhir. Bisa juga ide penting yang terkait dengan perhatian banyak orang.

2. Mulailah menulis kalimat awal dengan to the point saja. Tidak perlu basa basi lagi, misal menerangkan situasi yang terjadi atau narasi pengantar tentang sosok tokoh yang ingin diangkat. 

3. Cerpen yang bagus harus mampu memberi pesan yang kuat di awal kalimat bahwa Cerpen ini mau berbicara tentang apa dan ke mana.  Rangkaian kata-katanya harus mampu mengikat pembaca untuk merasa tertarik menyelesaikan seluruh cerita.

4. Buatlah alur cerita yang tidak mudah ditebak oleh pembaca. Lebih bagus lagi gunakan model plot twist, sebuah alur cerita yang sedikit memutar namun di ujung cerita memberi efek kejut bagi pembaca. Tidak menyangka akhir ceritanya begitu.

5. Fokuslah pada sedikit tokoh yang terlibat agar tidak perlu banyak narasi untuk mengenalkan masing-masing tokoh yang diangkat dalam Cerpen. Maksimal, 3-4 tokoh saja yang dilibatkan. Namun, harus tetap lebih fokus pada 1-2 orang tokoh utama saja.

6. Kembangkan imajinasimu. Bayangkan anda terlibat dalam alur cerita itu, sehingga lebih menghayati peran yang diceritakan sendiri melalui Cerpen. Anda bisa memerankan sebagai salah satu tokohnya atau bisa juga berperan sebagai saksi yang mengamati tokoh-tokoh itu terlibat dalam percakapan.

7. Ungkapkan kata-kata yang keluar dari tokoh-tokoh itu secara natural, tapi hidup dan menarik. Bukan kata-kata biasa, tapi kata-kata yang sengaja dipilih mewakili ungkapan yang diharapkan dalam dialog. Ingat, Cerpen tetaplah cerita fiksi, meskipun disadur dari cerita nyata. 

8. Tidak harus menggunakan logika cerita faktual, bisa juga menggunakan logika yang menabrak kewajaran. Karena, dalam Cerpen yang terpenting adalah pesan yang ingin disampaikan, bukan pada kronologi ceritanya. Tidak logis bukan berarti dilarang dalam Cerpen.

9. Jangan lupa, siapkan secara khusus bagian akhir dari cerita. Garaplah lebih apik, baik secara alur kata-kata, pesan maupun efek kejut dari ujung cerita. Cerpen yang bagus dan menarik memberi kesan tak sadar pembaca bahwa ternyata yang ia baca telah selesai. Efeknya adalah pembaca terngiang dengan cerita itu dan mengembara dengan tanggapan sendiri di dalam hati.

10. Mengalirlah dalam menulis, tuntaskan alur ceritanya dalam satu waktu agar Cerpen lebih utuh dan menyatu sebagai satu cerita tunggal yang pendek. Setelahnya, perbaiki kalimat, pilihan kata-kata atau diksi agar cerita lebih mengalir dan hidup.

11. Terakhir, tentukan judul yang menarik. Ingat! Jangan tentukan judul sebelum Cerpen selesai ditulis. Lebih baik judul dipikirkan setelah usai semua tulisan. Pilihlah kata-kata yang pendek, padat dan menarik, sekaligus mewakili cerita utama dalam Cerpen.

Demikian, selamat mencoba.


29 komentar:

  1. makasih ilmunya ibu, jangan pernah berhenti berkarya dan berbagi ilmu pada orang lain ya bu, saya masih muridnya ibu waktu duduk di kelas 2smp

    BalasHapus
  2. Terimakasih ibu atas ilmu yang telah ibu share kepada kami khusus nya bagi saya, jadi saya sudah tau cara langkah langkah yang baik dan benar dalam menulis cerpen

    BalasHapus
  3. Terima kasih ibu, semoga setelah saya membaca ini saya bisa membuat cerpen dengan baik dan benar....dan menjadi anak yang sholeh dan pintar
    Agung Faturohman
    X ips 3

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu, semoga setelah membaca ini saya lebih mudah membuat cerpen dengan baik
    Faiz Fazle Mawlana
    X IPS 3

    BalasHapus
  5. Terima kasih Bu. Semoga setelah membaca ini, saya lebih mudah membuat cerpen dengan baik dan benar
    Annida Nur Kamaliyah
    X IPS 3

    BalasHapus
  6. Saya Jihan Aulia Rahma dari kelas X IPS 2. Saya suka sekali membaca cerpen dan ingin coba menulis cerpen. Terima kasih banyak ibu atas artikel ini, sangat bermanfaat sekali. Saya jadi tahu bagaimana cara membuat cerpen yang baik dan benar.

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak bu atas artikel tentang cara membuat cerpen ini, karena jujur saja saya sangat suka membuat cerita-cerita, seperti cerita horror, fantasi, kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Setelah membaca ini saya jadi makin tahu cara membuat cerpen dengan baik dan benar.

    M. Alfiansyah (X IPS 2)

    BalasHapus
  8. Terimaksih atas tanggapannya..jangan lelah untuk berkarya ya..

    BalasHapus
  9. Terimakasih Bu atas ilmunya. Semoga setelah membaca artikel ini saya dapat menulis cerpen dengan baik dan menarik.

    Gina Aulia
    X MIPA 4

    BalasHapus
  10. Terimakasih Bu , artikel ini sangat membantu untuk membuat cerpen , informasi yang diberikan artikel ini singkat namun jelas

    Rival Mahesa X MIPA 3

    BalasHapus
  11. terimakasih bu, artikelnya sangat bagus untuk menambah ilmu dan membantu untuk membuat cerpen, informasinya jelas dan dapat dimengerti
    Rahma Zalia Putri (29)
    X IPS 1

    BalasHapus
  12. Terima kasih banyak ibu atas artikel yang sangat bermanfaat ini,disini saya semakin tahu bagaimana cara mudah menulis cerpen dengan baik dan benar ,dan setelah membaca artikel ini saya sangat termotivasi untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas saya dalam berkarya , sukses selalu Bu terima kasih atas informasi dan penjelasan yang sangat mudah dimengerti dan difahami ini.
    -Sylla Azahra A.F (32)
    - X MIPA 7 '24

    BalasHapus
  13. Terima kasih Bu atas informasinya, semoga setelah saya membaca artikel ini saya bisa memahami tentang cerpen
    Fikri Priardani (X MIPA 5)
    X MIPA 5

    BalasHapus
  14. Terimakasih Bu atas artikel yang bermanfaat ini, artikelnya mudah dipahami,terkadang saya berkeinginan membuat suatu cerita,dan semoga ke depannya saya bisa lebih memahami dan tahu cara membuat cerita yang baik dan benar.
    Najwa Naila Raya
    X MIPA 1

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak bu, informasinya sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan tentang cara membuat cerpen yang mudah
    Nama : Amatun Nur Nadira
    Kelas : X MIPA 5

    BalasHapus
  16. makasih ilmunya ibu, informasinya sangat bermanfaat, artikelnya mudah di pahami
    neisya aliazahra
    X IPS 3

    BalasHapus
  17. Terima Kasih bu, informasi nya sangat bermanfaat,semoga saya bisa memahami ke depanya

    Isna Nur Alifiani
    X MIPA 2

    BalasHapus
  18. Terima kasih bu atas informasinya, setelah saya membaca artikel ini saya bisa memahami tentang cerpen dan langkah langkah membuatnya...
    Informasinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami
    Semangat terus bu!

    Hilwa Putri Adeli
    X MIPA 5

    BalasHapus
  19. Terimakasih bu,ini sangat membantu saya dalam membuat cerpen dengan baik.

    Alifa Fida Salsabila
    X MIPA 5

    BalasHapus
  20. Terimakasih Bu , artikel ini sangat membantu untuk membuat cerpen , informasi yang diberikan artikel ini singkat namun jelas

    BalasHapus
  21. Terimakasih Bu, artikel ini membantu kita untuk mudah membuat cerpen yang baik dan menarik dengan beberapa tema yang bisa kita kembangkan.

    Zachra Salsabila
    X MIPA 7

    BalasHapus
  22. Terimakasih ibu, artikel ini sangat membantu untuk membuat cerpen dengan baik dan benar

    Muhammad Ihsan
    X MIPA 6

    BalasHapus
  23. Terima kasih ibu, artikelnya jelas dan mudah dipahami. Sangat bermanfaat, saya jadi lebih memahami bagaimana cara membuat cerpen yang baik dan benar. Artikelnya sangat membantu, apalagi untuk orang orang yang senang membuat cerpen. Terima kasih bu.....
    Risa Maulina(28)
    X-Mipa 3

    BalasHapus
  24. Terimakasih ibu, artikelnya sangat membantu. Penjelasannya sangat jelas, mudah dipahami juga mudah dimengerti. Sangat membantu bagi yang ingin menulis cerpen dengan baik.

    Cecilia Alya Levia (06)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  25. Waah terimakasih Bu artikelnya membantu banget,kebetulan saya suka nulis cerpen dan ternyata setelah baca artikel ini masih banyak yang harus saya perbaiki dalam membuat cerpen yang baik.. sekali lagi terimakasih Bu


    Nayla Chaerunnisa (26)
    X MIPA 6

    BalasHapus
  26. Terimakasih bu atas artikelnya, mudah dipahami dan sangat membantu saya

    Tiara N.R (35)
    X MIPA 6

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas ilmunya,setelah saya membaca ini,wawasan saya tentang hal yang berkaitan dengan cara menulis Cerpen yang baik dan menarik menjadi bertambah

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.