Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

11. Cari Jalan Keluar, Bukan Cari Alasan





Oleh Sri Endang Susetiawati
Mungkinkah, hal ini dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan model pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda ? Pilihan jawabannya telah tersedia, dalam pilihan a,b,c,d, atau e, sehingga yang dibutuhkan cenderung hanya tinggal mencocokkan saja. Barangkali, siswa kurang terlatih untuk mengembangkan sebuah jawaban berdasarkan pengetahuan, pemahaman dan logika berfikirnya sendiri secara bebas dan  terbuka. Entahlah...., mungkinkah itu ?.
Biasakanlah berfikir secara positif dengan tidak menanggapi suatu masalah dengan cara menyalahkan pihak lain atau sesuatu yang di luar diri sendiri. Karena, jika kamu biasa berfikir negatif, maka akibatnya akan berpengaruh secara negatif pula terhadap diri sendiri. Sebaliknya, berfikir positif akan memberikan dampak positif pula terhadap diri sendiri. Berfikir positif akan lebih memahami sisi lain yang positif, yang dapat diambil, kemudian dilakukan tindakan oleh diri sendiri.
Lihatlah, bagaimana seorang anak yang selalu disibukkan oleh hal-hal yang bersifat negatif yang berasal dari diri orang lain atau lingkungan di sekitarnya. Dia selalu saja menyalahkan orang lain, atau mengeluh tentang lingkungan sekolah yang kurang kondusif. Ia mengeluh juga tentang kondisi di rumah dan keluarganya yang dianggap kurang menguntungkan. Lalu, semuanya itu ia jadikan alasan bagi dirinya untuk bersikap negatif pula, untuk bermalas-malasan dalam belajar, atau bahkan tidak mau belajar sama sekali.
Jika kamu melihat ada kekurangan pada cara mengajar guru yang kurang kamu sukai, atau kamu memang kurang suka terhadap suatu mata pelajaran, maka berusahalah untuk menjadikannya sebagai tambahan motivasi untuk lebih giat belajar. Tidak perlu meratapi keadaan orang tuamu atau keluargamu di rumah yang dianggap banyak kekurangan. Namun, tunjukkanlah bahwa dalam keadaan yang demikian kamu tetap masih bisa berprestasi di sekolah.
Inilah yang disebut dengan berfikir positif. Selalu mengambil hikmah atas suatu kejadian, atau selalu melihat sisi yang baik atas suatu masalah. Selanjutnya, semuanya itu dijadikan motivasi bagi diri sendiri dalam melakukan perbaikan. Yakinlah, bahwa setiap orang pasti memiliki cerita dan jalan keluarnya masing-masing untuk dapat berprestasi. Tugas kamu adalah carilah jalan keluar itu agar kamu dapat memperbaiki cerita sendiri di masa yang akan datang.  
“Seorang yang gagal, biasa disibukkan dengan selalu mencari kekurangan atau kesalahan orang lain untuk dijadikan sebagai pembenar bagi tindakannya. Sementara orang yang berhasil, lebih disibukkan  dengan selalu mencari jalan keluar, memperbaiki kekurangan dan membenahi kesalahan dirinya sendiri” ucap sang guru.
Tugas belajar adalah tugas bagi diri sendiri, yang hasilnya akan dimanfaatkan bagi diri sendiri pula. Jika belajar merupakan suatu hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi seseorang untuk hidup sukses, maka tidak ada kata lain, kecuali melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Maka, tidak ada alasan apapun yang menghalangi seseorang untuk tidak belajar bagi kepentingan dirinya sendiri. Belajarlah, dengan menjadikan diri sendiri sebagai pengendali keberhasilan dan kamu tidak mudah terhalang oleh berbagai dalih atau alasan, yang seringkali menyesatkan dan akhirnya merugikan diri kamu sendiri. *** By Srie.
(Bersambung.....)


14 komentar:

  1. yang saya bisa ambil dari kutipan ini adalah "tidak ada satupun hal untuk mengahalangi kita untuk tak belajar untuk kepentingan kita sendiri.belajar menjadikan diri sebagai pemgendali keberhasilan agar tidak mudah terhalang oleh berbagai dalih atau alasan".Sangat menginspirasi dan tentunya sangat bermanfaat sekali untuk pembelajaran hidup kedepannya,terimakasih sudah berbagi ilmunya bu🙏🏻

    -Sausan Fauziah Zahra(31)X IPS 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sausan..semoga menambah ilmu dan pengetahuan ya

      Hapus
  2. yang saya tangkap dari artikel ini adalah "tidak ada kata gagal dalam belajar jika bersungguh-sungguh"
    terimakasih sudah berbagi ilmu dan motivasinya bu

    -khaerul adhy.S(16) X IPS3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih khaerul atas tanggapannya..semoga bermanfaat ya

      Hapus
  3. saya sangat setuju sekali dengan kalimat "tugas belajar adalah tugas bagi diri sendiri,yang hasilnya akan dimanfaatkan bagi diru sendiri pula" sangat membangunkan motivasi untuk lebih giat lagi belajar,karena ingin mendapatkan hasil yang jauh lebih baik pulaa,semoga itu benar benar terwujud..Aamiin
    Terimakasih bu artikelnya selalu memotivasi
    -dea alifah(09) X IPS 3

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat memotivasi dan bermanfaat bagi saya, terimakasih bu
    Nama: Salsabila Lathifah Azhari
    Kelas: X MIPA 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  5. Ini motivasi yang sangat saya butuhkan sekarang, terimakasih banyak bu
    -Elvira Dylan Prasasty(09)X MIPA 7

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu atas artikelnya. Memang benar, jika kita sedang merasa malas, berpikiran positif dan niat dari dalam diri dapat menambahkan motivasi belajar kita.
    -Haya Auliya K.S (14) X MIPA 7

    BalasHapus
  7. “Seorang yang gagal, biasa disibukkan dengan selalu mencari kekurangan atau kesalahan orang lain untuk dijadikan sebagai pembenar bagi tindakannya. Sementara orang yang berhasil, lebih disibukkan dengan selalu mencari jalan keluar, memperbaiki kekurangan dan membenahi kesalahan dirinya sendiri”

    Saya sangat menyukai dengan kata2 itu dan itu sangat benar, kita seharusnya hanya fokus untuk diri kita sendiri.
    Terima kasih banyak bu.

    Nama : NADIA NOVANA AULIA
    Kelas: X MIPA 7

    BalasHapus
  8. artikel ini sangat memotivasi saya dan memang benar,kita seharusnya fokus untuk diri kita sendiri.

    Nama: Alfira sheikha Mahrani
    Kelas: X MIPA 4

    BalasHapus
  9. Artikel ini memotivasi saya untuk selalu berfikir secara positif. Karena dengan kita berfikir positif, akan selalu melihat masalah dari sisi yang baiknya.

    Surya Tubagus Maulana Pangestu
    X Mipa 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  10. artikel ini sangat memotivasi saya, terutama pada kalimat "belajarlah, dengan menjadikan diri sendiri sebagai pengendali keberhasilan".

    Kayla Nailatusy Azalia
    X Mipa 7

    BalasHapus
  11. artikel ini sangat memotivasi saya, terimakasih banyak Bu.
    Natiqa Iftinan Nasya
    X MIPA 5

    BalasHapus
  12. Yang saya dapatkan setelah membaca artikel ini ialah, bahwa kita harus fokus dengan tujuan kita masing-masing dengan dibarengi juga oleh kemampuan dan talenta yang kita miliki, jangan kita hanya mencari-cari kesalahan orang, tetapi kita juga harus mampu untuk memperbaiki dan membenahi diri kita sendiri.

    Sheva Nirwan Destama
    X MIPA 5

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.