Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Membuat Blog Dari HP Bagi Pemula

 


Membuat BLOG kini lebih mudah. Kabar baiknya, siapapun bisa membuat BLOG bahkan hanya melalui HP atau Handphone di tangan. Sangat mudah dan praktis.

Salah satunya adalah membuat BLOG melalui fasilitas dari BLOGGER atau BLOGSPOT yang merupakan bagian dari  kelompok Google.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, silakan download dan instal dulu aplikasi BLOGGER di HP sendiri melalui Playstore. Klik Download.

Oh iya, jangan lupa miliki dulu akun GMAIL sebagai syarat utama untuk bisa menggunakan aplikasi BLOGGER. Sudah punya akun GMAIL kan? Kalau belum punya akun GMAIL, silakan bikin dulu ya. Caranya? Klik Cara Membuat Akun GMAIL.

Setelah aplikasi BLOGGER berhasil diinstal, silakan BUKA.  Maka, segera akan terlihat layar seperti di bawah ini.


Klik pada bagian "Login dengan Google" untuk memilih akun GMAIL yang akan digunakan untuk Login ke BLOGGER. Pilih akun GMAIL. Segera akan terlihat layar seperti di bawah ini.







Untuk memulai membuat BLOG, silakan klik "Membuat Blog". Segera akan terbuka layar seperti di bawah ini.

Sebagai langkah ke-1, silakan masukkan/ketikkan nama BLOG yang ingin dibuat. Misalkan, nama Blog-nya adalah BLOG BARUKU. Lalu klik "Berikutnya".  

Segera akan terlihat layar seperti di bawah ini. Sebagai langkah ke-2, BLOGGER meminta kita memasukkan alamat URL.


Silakan masukkan/ketikkan alamat URL yang dipilih. Misalkan, alamat URL-nya adalah blogbaruku. Ternyata, alamat URL blogbaruku sudah tidak tersedia lagi alias sudah ada yang pakai. Maka, pilih alamat URL lain, misalkan blogbaruku2021. 

Berhasil! Alamat URL blogbaruku2021 tersedia. Klik "Berikutnya".



Selanjutnya, akan segera terlihat layar di bawah ini yang menunjukkan dasboard Blog bernama BLOG BARUKU yang masih kosong postingan atau belum ada artikel.

Untuk memposting artikel baru, silakan klik ikon pensil. Segera, layar dasboard postingan akan terbuka, seperti terlihat di bawah ini.



Perhatikan gambar di atas, terlihat bagian-bagian dashboard postingan yang ditandai oleh angka-angka. Angka 1 adalah bagian untuk mengetikkan JUDUL POSTINGAN. Angka 2 adalah bagian untuk mengetikkan ISI ARTIKEL POSTINGAN. 

Angka 3 adalah bagian untuk memberikan LABEL atau KATEGORI dari artikel yang akan dibuat. Misal, kategori BERITA, KULINER, TRAVEL dan lain-lain. Silakan bikin sendiri sesuai dengan pembagian kategori yang akan dibuat dalam blog.

Angka 4 adalah bagian akhir untuk PUBLIKASI. Setelah semua artikel disiapkan, maka klik bagian ini untuk mempublikasikan postingan yang baru saja dibuat.

Khusus untuk bagian angka 2 yang merupakan bagian pengetikkan isi artikel, saat di klik akan terbuka layar seperti di bawah ini.




Pada bagian bawah layar terlihat sejumlah fitur yang dapat digunakan untuk melengkapi isi artikel yang mau diposting. Mulai dari ikon "Kamera" untuk mengambil gambar/foto yang akan disisipkan pada artikel.

Kemudian ikon "Galeri" untuk mengambil gambar/foto dari galeri foto di HP yang akan disisipkan ke dalam artikel.

Ada ikon huruf "B" untuk menebalkan bagian huruf dari artikel. Ikon huruf "I" untuk membuatkan huruf miring pada bagian kata atau kalimat dalam artikel. Ikon huruf "U" untuk membuatkan garis bawah pada bagian kata atau kalimat dalam artikel.

Terakhir, ikom "Link" untuk membuat link atau kaitan kata atau kalimat tertentu dalam artikel dihubungkan dengan alamat URL lainnya, baik di dalam Blog sendiri maupun di luar Blog.

Setelah semua artikel selesai dibuat, dan dipastikan sudah cukup dikoreksi, maka untuk mempublikasikannya adalah dengan cara klik tanda atau ikon CENTANG / CHECK LIST di bagian atas sudut kanan layar.

Misalkan, dalam artikel itu diberi judul: "Artikel Pertamaku: Mie Ayam". Labelnya adalah "Kuliner". Lalu, isi artikelnya adalah seperti gambar di bawah ini.


Setelah selesai menulis artikel dengan disisipkan foto mie ayam, maka segera klik tanda CENTANG di bagian atas sebelah pojok kanan. 

Segera akan terbuka layar draft postingan artikel. Bila masih ada bagian yang perlu dikoreksi, silakan lakukan koreksi, ditambahkan, dihapus atau dikurangi.





Apabila dirasa sudah cukup dan siap untuk dipublikasikan, maka segera klik bagian tanda "Panah" dalam lingkaran merah yang berarti PUBLIKASIKAN. BLOGGER meminta konfirmasi apakah benar-benar siap mempublikasikan? Jika sudah siap, Klik "Publikasikan".


Selanjutnya, dashboard BLOGGER akan terlihat seperti foto gmbar di bawah ini. Artikel yang baru saja dibuat dan diposting telah muncul pada daftar postingan di dashboard BLOGGER.


Bisakah artikel yang telah dipublikasikan diedit lagi? Sangat bisa! Silakan klik pada bagian gambar artikel di atas yang ingin diedit. Lakukan pengeditan di bagian judul, isi atau label. Setelah pengeditan dirasa cukup, segera lakukan klik tanda "Publikasikan".

Untuk menambah artikel baru, silakan klik lagi tanda ikon "Pensil". Lakukan seperti sebelumnya dengan pertama-tama mengetikkan judul, label dan isi artikel. Di bagian akhir, klik tanda "Publikasikan".

Lalu, bagaimana kita bisa melihat artikel yang baru saja diposting atau dipublikasikan pada Blog? Perhatikan foto gambar di atas, terlihat ada bagian lingkaran berwarna hijau di sudut kanan atas. Klik tanda tersebut, maka segera akan terbuka layar dashboard yang baru.


Untuk melihat artikel yang sudah dipublikasikan di Blog, silakan klik "Lihat blog Anda" di bagian yang dilingkari warna merah di atas. 

Bisa juga dengan cara lain, yaitu kita buka Google Chrome, lalu ketikkan alamat URL Blog kita "blogbaruku2021.blogspot.com" (tanpa tanda kutip ya...). Blog akan segera terbuka seperti foto gambar di bawah ini. 



Untuk melihat artikel selengkapnya, silakan klik judul artikelnya "Artikel Pertamaku: Mie Ayam". Maka, artikel yang baru saja dipublikasikan dapat dilihat selengkapnya. 

Demikian, materi tutorial untuk cara pembuatan BLOG dari HP untuk pemula. Semoga bisa bermanfaat. Untuk cara pembuatan BLOG melalui komputer atau laptop, silakan klik di sini.


24 komentar:

  1. Keren, penjelasannya disertai dengan gambar jadi lebih mudah untuk dipahami

    Nabiel Lazuardi Ihsan
    X MIPA 2

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat berguna bagi saya yang masih belajar. Terima kasih, Ibu! Lanjutkan berbagi ilmu

    -Rila aida
    X mipa 2

    BalasHapus
  3. Bagus, penjelasannya benar benar lengkap dari awal hingga akhir. Dan membuat ingin membuat blog. Terima kasih bu.
    Nama : Nadia Novana Aulia
    Kelas : X MIPA 7

    BalasHapus
  4. Sangat informatif bagi saya yg sedang belajar untuk jadi blogger.

    Zayidan Hafidh Mubarok
    X MIPA 2

    BalasHapus
  5. Artikel yang ibu tulis sangat berguna bagi teman-teman termasuk saya sendiri yang ingin membuat Blog. Terlebih pula, tutorial yang ibu beri sangat mudah dipahami karena memakai photo dan penjelasan yang rinci. Terima kasih, Bu.

    Marshya Putri Artikasari
    Absen 17
    X IPS 1

    BalasHapus
  6. Informasi yang berguna bagi saya. Dan juga tutorial nya juga sangat jelas dan mudah dipahami. Terima kasih, Bu.

    Muhammad Sabiq Al-Zabbar
    Absen 21
    X MIPA 1

    BalasHapus
  7. Penjelasannya jelas, mudah dipahami dan disertai gambar. Terima kasih, Bu.

    Fuzia Reihani Zahara
    Absen 10
    X MIPA 1

    BalasHapus
  8. Sangat mudah dipahami,jelas untuk tutorial membuat blog baru bagi pemula seperti saya, terima kasih bu

    Nama : Najwa Basandid
    Kelas : X IPS 1

    BalasHapus
  9. Penjelasannya jelas dan di Serai gambar jadi lebih mudah di pahami bagi pemula seperti saya. Terimakasih Bu

    Nama: Isma sashi kirana (14)
    Kelas: X MIPA 1

    BalasHapus
  10. Penjelasan yang sangat jelas dan berikut gambar2 yang mudah untuk diikuti terkmakasih banyak bu

    Nama:Salsabila dwi maulida
    Kelad:X ips 2

    BalasHapus
  11. Tutorial yang luar biasa,dengan penjelasan yang jelas dan mudah di pahami.Membuat saya mengerti untuk membuat blog di hp.

    Nama: Muhammad Rizki Akbar Hanafian
    Kelas: X MIPA 1

    BalasHapus
  12. Sangat mudah di pahami
    Nama:Naufal fadhilah H
    Kelas: X MIPA 5

    BalasHapus
  13. keren buu, informasi yang ada di artikelnya mudah dipahami, menarik dan juga bermanfaat

    Tiara HQQ
    X MIPA 7

    BalasHapus
  14. sangat mudah di pahami,menarik pembaca untuk membuat nya dan juga bermanfaat.

    Agri Pratama
    X MIPA 4

    BalasHapus
  15. Artikel ini berguna bagi pemula seperti saya, dan juga tutorial nya sangat jelas dan mudah dipahami. Terima kasih Bu untuk informasi nya

    Nama:Erja Nurpadila
    Kelas:X MIPA 4

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu, sebuah ilmu yg sangat bermanfaat bagi saya untuk cara membuat blog dari hp ternyata sangat mudah dengan kata kata yang mudah dipahami, dan dijelaskan secara rinci bagaimana membuat blog dari tahap satu ke tahap lain.

    -Rido Erik A (29)
    X-IPS 3

    BalasHapus
  17. Ternyata untuk membuat sebuah blog tidak perlu menggunakan komputer hanya perlu menggunakan gawai saja dan caranya pun cukup mudah. Terimakasih atas informasinya, sangat mudah untuk dipahami.


    Edra fernanda (10)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  18. Penjelasannya jelas, mudah dipahami dan sangat bermanfaat

    Devina Antania S R
    X MIPA 6

    BalasHapus
  19. Penjelasannya sangat jelas, mudah dipahami dan sangat membantu untuk menambah wawasan

    Muhammad Kafa Nafisa (19)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  20. Penjelasannya sanga mudah dipahami dan memberi wawasan baru bagi saya

    Febi syah h.
    X MIPA 6

    BalasHapus
  21. Artikel ini banyak menambah wawasan untuk saya, penjelasannya juga sangat mudah dipahami dan sangat menarik untuk dibaca

    Karina
    X MIPA 6

    BalasHapus
  22. Sangat mudah dipahami ketika membaca karena disertakan gambar jadi lebih mudah untuk dipahaminya,dan menambah wawasan dan pengetahuan juga.Terimakasih ibu untuk artikel ini sangat membantu

    Pallas faharezi marcaida
    X IPS 1

    BalasHapus
  23. Terima kasih penjelasan yang sangat mudah dipahami mengenai cara membuat blog dari <a href="https://www.equiperp.com/blog/7-tips-memulai-bisnis-handphone-dengan-software-retail/</a> handphone

    BalasHapus
  24. Terima kasih penjelasannya yang sangat mudah dipahami mengenai cara mudah membuat blog menggunakan handphone

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.