Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

10. Selalu Saja Ada Alasan Untuk Malas Belajar




Oleh Sri Endang Susetiawati

Selalu ada alasan untuk malas belajar. Anggapan diri sendiri sebagai kurang pintar atau bodoh, bukanlah satu-satunya alasan yang biasa dijadikan sebagai pembenar bagi para pelajar untuk malas belajar.
“Mata pelajarannya kurang menarik, bu” kata salah seorang di antara mereka.
“Gurunya kurang menarik dalam mengajarkan pelajaran, bu” ucap pelajar yang lainnya.
Alasan keduanya itu, seolah diamini oleh banyak pelajar lainnya. “Benar, bu !” kata mereka. Bahkan, ada di antara mereka yang secara jelas menyampaikan sikapnya, “Maaf, bu,... saya tidak suka dengan pelajaran itu, juga saya tidak suka dengan gurunya !”.
Satu hal yang menarik, sang guru tidak lantas tersinggung saat mendengar sejumlah alasan para siswa yang terkesan memojokkan  rekan kerjanya itu. Justru, dia tetap bersikap tenang dan berusaha untuk terus tersenyum, dan mencoba memahami logika dan jalan pikiran mereka. Lalu, ia mengucapkan sesuatu, “kenapa kalian menggadaikan masa depanmu pada sesuatu yang di luar dirimu sendiri ? Pada mata pelajaran atau pada seorang guru ?” kata sang guru mulai mengajak berdiskusi.
Kata “menggadaikan masa depan” tentu saja tidak langsung dapat dicerna dan dipahami oleh siswa. Karena, istilah “menggadaikan” atau “pegadaian” lebih dikenal oleh mereka sebagai bentuk lembaga pinjaman uang dengan memberikan jaminan barang, bukan ? Benar, dan sangat tepat !
Menggadaikan masa depan dapat berarti menggantungkan masa depan kamu semata-mata kepada pihak di luar kamu sendiri. Misalnya, kamu menggantungkan kepada guru yang kurang menarik dalam mengajar, pada lingkungan yang kurang kondusif atau menyenangkan, atau kepada sesuatu hal yang dianggap oleh kamu sebagai faktor negatif yang menghambat bagi kamu dalam belajar.
“Lukislah masa depanmu dengan indah, sepenuhnya oleh usaha dirimu sendiri” ” kata sang guru melanjutkan.
“Jika kamu tidak menyukai sesuatu atau seseorang di luar dirimu sendiri, mengapa kamu lukis masa depanmu dengan gambar yang buruk, atau bahkan tidak ada lukisan yang kamu kerjakan sama sekali ?” sambungnya lagi, sambil bertanya kepada para muridnya yang terkesan mungkin tampak kian bingung, berusaha memahami kata-kata yang diucapkan dari mulut sang guru.
“Biarlah mereka dibikin bingung dulu. Tapi, kini mereka mulai mencoba untuk berfikir !” ucap sang guru dalam hati, sambil terus mengamati.
Menurut sang guru, selama ini siswa tidak dibiasakan untuk berfikir, dan kurang berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memberikan jawaban dari sebuah pertanyaan yang berawal dengan kata “mengapa ?”. Mengapa seseorang harus belajar ? Mengapa seseorang harus bersekolah ? Mengapa bermalas-malasan tidak baik bagi masa depan ? Mengapa harus sukses ? ***  By Srie

(Bersambung.....)

11 komentar:

  1. Sausan Fauziah Zahra(31) X IPS 2

    BalasHapus
  2. terimakasih Nazwa...mana komentarnya ya

    BalasHapus
  3. Cerita nya menarik, membuat kita termasuk saya sebagai siswa menjadi ikut berfikir dengan apa yg di ucapkan guru dalam cerita itu😁

    Rahma nur padillah (30) X MIPA 6

    BalasHapus
  4. Artikel ini mengajari saya untuk tidak menggadaikan masa depan

    Abdurrahman Al Ghafiqi(1) X MIPA 7 Angkatan 24

    BalasHapus
  5. Tidak menyukai suatu pelajaran atau guru yang mengajar tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk malas belajar. Daripada memilih untuk bermalas-malasan lebih baik mencari solusi bagaimana caranya agar tetap dapat mempelajarinya dengan baik. Karena yang menentukan masa depan itu ialah diri sendiri. Jangan menyalahkan pelajaran atau guru tersebut saat tidak paham terhadap materinya.

    Diva Herni Praspa
    X MIPA 2
    Angkatan ‘24

    BalasHapus
  6. menurut pendapat pribadi saya dari artikel ini, suatu yg tidak bisa dikuasai atau diminati terkadang oleh sebagian siswa mengalami kesulitan maupun ada rasa jenuh yg sehingga menimbulkan rasa malas untuk belajar pelajaran tersebut. namun semua itu juga bagaimana murid nya juga, pelajaran mana yg ingin ia kuasai. maka rasa malas itu pun mungkin dapat berkurang maupun hilang rasa malas untuk belajar.

    Muhammad Azmi Mubarok
    X MIPA 1
    Angkatan '24

    BalasHapus
  7. “Lukislah masa depanmu dengan indah, sepenuhnya oleh usaha dirimu sendiri”
    Saya sangay menyukai dengan kata-kata ini, karena yang menentukan masa depan kita adalah diri kita sendiri. Jadi jauhilah dari kata "malas".

    Nama : NADIA NOVANA AULIA
    Kelas: X MIPA 7

    BalasHapus
  8. artikel ini memotivasi saya untuk belajar lebih rajin lagi. Terima kasih....

    Irsyad Nabil X MIPA 7

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.