Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Belajar Berorganisasi

 


Berorganisasi merupakan salah satu kemampuan penting dalam membangun kerjasama dengan orang lain. Suatu jenis tugas atau pekerjaan dengan tujuan tertentu dapat dilakukan secara bersama-sama secara lebih mudah dalam kelompok yang terorganisir, dibandingkan hanya dilakukan seorang diri.

Memang, tidak selalu jenis pekerjaan harus dilakukan secara berorganisasi. Akan tetapi, banyak hal yang dapat dikembangkan secara lebih baik bila kita terlibat dalam organisasi yang menunjang tujuan yang kita inginkan.

Sebagai suatu kelompok, maka organisasi terdiri atas lebih banyak individu yang terlibat. Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapan dan kemampuan tersendiri untuk dapat terlibat dalam suatu proyek pekerjaan yang terjalin dalam organisasi tersendiri.

Agar dapat mengikuti kerjasama yang baik dalam suatu organisasi tertentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh individu yang tergabung di dalamnya.

1. Pahami terlebih dahulu bahwa dalam organisasi tidak hanya individu kamu yang terlibat, tapi banyak orang lain yang terlibat pula dalam suatu tim. Maka, hindari egoisme, kembangkan sikap terbuka untuk menerima kehadiran orang lain dalam organisasi atau tim yang kamui kuti.

2. Mintalah masukan dari orang yang lebh dulu terlibat dalam organisasi itu, atau orang yang dianggap lebih bepengalaman agar kamu dapat lebih memahami situasi lingkungan baru secara tepat.

3. Sadari peran apa yang didapat dalam organisasi itu, berlaku atau bekerjalah dalam koridor peran yang diamanatkan kepada kamu. Hargai individu lain yang memiliki peran lain yang berbeda, jalinlah sikap bersahabat untuk bisa bekerjasama. Hindari sikap bersaing secara terselubung yang bersifat negatif.

4. Berikan andil peran yang maksimal, agar kehadiran peran kamu di organisasi dapat dirasakan bersama. Hindari peran yang justru menimbulkan kegaduhan atau menimbulkan masalah dalam organisasi.

5. Patuhilah aturan dan rambu-rambu berorganisasi, jangan bersikap mau seenaknya atau mau menang sendiri. Di organisasi ada hubungan hirarkis secara vertikal, dan hubungan koordinatif secara horisontal antar struktur lainnya. Ikuti dan hargai aturan yang ada dengan segala kewenangan, tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

6. Laksanakan kewajibanmu sebagai anggota atau pengurus organisasi dengan baik. Jangan biasakan untuk mengedepankan tuntutan kepada orang lain untuk selalu ikuti apa keinginanmu.

7. Tunjukkan jiwa kebersamaan yang lebih penting daripada menonjolkan ego masing-masing individu sebagai pihak yang merasa paling berjasa dalam peran.

8. Fokuslah pada tujuan berorganisasi, agar tetap dapat mengambil manfaat dalam berorganisasi. Hindari hal-hal lain yang bersifat subyektif dan tidak terkait langsung dengan tujuan berorganisasi.

9. Terima amanat dalam organisasi, laksanakan amanat itu sebaik-baiknya untuk dapat mempertahankan kepercayaan orang lain kepada kamu.

10. Kembangkan sikap persuasif, bukan serba instruktif terhadap orang lain yang kebetulan perannya di bawah kamu. Agar tercipta kebersamaan yang berangkat dari hati nurani, bkan karena keterpaksaan.

11. Mudahkan beri apresiasi, penghargaan, pujian kepada mereka yang telah berupaya menunaikan tugasnya dengan baik. Sebaliknya, beri motivasi, beri kesempatan kepada mereka untuk memperbaiki bila ada tugas yang dinilai belum baik.

12. Jadikan keseuksesan yang diraih merupakan kesuksesan bersama. Tumbuhkan agar masing-masing individu merasa memiliki organisasi secara bersama-sama, tanpa ada yang merasa dikucilkan atau dipinggirkan.

13. Jadikan pengalaman berorganisasi sebagai pengalaman yang sangat berharga dalam menjalin hubungan dengan orang lain yang berbeda sifat, karakter dan motivasinya.


Demikian, semoga bermanfaat.


13 komentar:

  1. Nama : Audry Febian
    Kelas: X MIPA 4
    Komentar :Alhamdulillah materinya sangat membantu menambah pengetahuan atau wawasan mengenai organisasi, kebetulan saya mengikuti OSIS,jadi menambah pengetahuan cara-cara atau hal-hal dalam berorganisasi dengan baik.

    BalasHapus
  2. Nama:Felisha Vebyana
    Kelas: X IPS 3
    Komentar:materi yang diberikan sangat membantu dan mudah dipahami dalam proses belajar tentang ilmu berorganisasi.

    BalasHapus
  3. Terima kasih,semoga bermanfaat bagi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama: Rizik Abdul Fahri
      Kelas:X IPS 3
      KOMENTAR:materi yang diberikan sangat membantu dan mudah dipahami dalam proses belajar tentang cara belajar berorganisasi.

      Hapus
  4. Terimakasih bu, karena artikel ini saya lebih paham cara berorganisasi yang lebih baik. Dan sikap-sikap yang harus di hindari dalam berorganisasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang lainnya juga.
    -tiara siti rahmah
    -x mipa 4

    BalasHapus
  5. Novita Dian Fatmayanti (26)
    X IPS 2

    terimakasih bu, saya menjadi tau cara berorganisasi dengan baik dan benar, saya pun jadi bisa mencontoh sesuatu hal yang harus di lakukan dalam berorganisasi dan saya pun menjadi tau apa saja yang harus di hindari dalam berorganisasi

    BalasHapus
  6. terimakasih bu, karena artikel ini saya menjadi lebih paham bagaimana cara berorganisasi yang baik dan benar
    Nama : Ausi Rizkika Amalia (6)
    Kelas : X MIPA 7 '24

    BalasHapus
  7. Terimakasih ibu,karena artikel yang ibu berikan ini saya menjadi semakin paham tentang cara berorganisasi yang baik dan benar, saya jadi paham dan tau apa saja yang harus dihindari di dalam berorganisasi, artikel ini sangat membantu saya dan memberikan ilmu baru dalam berorganisasi.

    Nama : Nabila Raihanah
    Kelas : X IPS 3

    BalasHapus
  8. Terimakasih bu, artikelnya sangat bermanfaat,saya jadi lebih paham tentang bagaimana berorganisasi.
    saya jadi jauh lebih paham tentang apa yang harus saya lakukan dalam berorganisasi.

    Nama : Putri Regina Fadillah Natasya
    Kelas : X IPS 1
    Angkatan 24

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu, artikel ini membantu saya karena mudah dipahami

    keisya aura (x mipa 7)

    BalasHapus
  10. Terimakasih bu artikelnya sangat bermanfaat dan membantu saya agar lebih baik lagi dalam berorganisasi.

    Regina Putri Nayla
    X-IPS 2

    BalasHapus
  11. Artikel nya membantu untuk saya berorganisasi lebih baik

    Surya Tubagus Maulana Pangestu
    X Mipa 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  12. Artikel ini sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk memahami cara berorganisasi yang baik dan benar
    Dwi Mahardika R. N (X IPS 1)

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.