Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Cara Menulis Artikel Opini Populer

Artikel opini atau pendapat seseorang merupakan salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang lebih bersifat umum, karena sasaran pembacanya adalah bersifat umum, untuk kalangan awam sekalipun.

Untuk itu, artikel opini memiliki ciri khas, antara lain relatif cukup pendek bila dibandingkan dengan karya tulis ilmiah lain, seperti dalam bentuk jurnal, makalah, apalagi skripsi, tesis atau disertasi. Biasanya, tidak lebih dari 4-6 halaman kertas HVS kuarto spasi ganda atau maksimal 6.500 karakter atau 1.500 kata. 

Bahkan, untuk kepentingan pemuatan di media online, panjang tulisan menjadi lebih pendek lagi. Biasanya hanya menjadi panjang maksimal separuhnya saja, 3.000-4.000 karakter atau 500-750 kata saja.

Karena sasarannya adalah masyarakat umum, maka bukan saja panjang tulisannya terbatas, tapi juga harus bersifat populer. Agar orang yang awam pun (bukan orang yang yang menggeluti disiplin ilmu yang terkait) dapat memahami pesan yang terkandung dalam tulisan artikel tersebut.

Apa itu populer? Pengambilan tema artikel harus merupakan tema yang sedang diketahui atau dibahas oleh banyak orang. Pemilihan kata atau diksi pun diusahakan yang lebih mendekati oleh  pemahaman banyak orang, bukan pemahaman di kalangan terbatas yang terkait disiplin ilmu yang eksklusif.

Struktur penulisan juga tidak mengikuti kaidah baku karya tulis ilmiah yang berat-berat, seperti dimulai dari bab pendahuluan yang mencakup latar belakang, rumusan masalah, hipotesis, juga studi pustaka. Kemudian dilanjutkan dengan bab pembahasan satu per satu atas rumusan masalah yang diajukan, dan diakhiri dengan bab kesimpulan.

Struktur penulisan artikel opini populer lebih fleksibel dan cair. Betul, di dalam artikel opini pasti akan ada pokok masalah yang dibahas, sekaligus kemungkinan solusi dan kesimpulannya. Namun, itu dilakukan secara to the point, langsung ke pokok sasaran masalah.

Tak perlu lagi ada latar belakang, perumusan masalah yang sangat ketat, apalagi tinjauan pustaka yang berbaris-baris. Latar belakang, pengungkapan masalah dan rujukan disajikan dalam satu nafas yang mengalir. Terangkum dalam keselurahan tulisan artikel yang lebih mencerminkan seseorang sedang bercerita, mengobrol atau berdiskusi kepada sejumlah orang lain.

Oleh karena itu, salah satu ciri artikel opini populer adalah tulisan yang mengalir tidak direcoki oleh kata-kata atau pilihan istilah yang terlalu ribet atau asing untuk awam. Bahkan, bila kata-kata atau istilah itu dilewat saat membaca artikel, pembaca tidak mengalami kesulitan berarti untuk memahami maksud dari tulisan tersebut.

Makanya, gaya penuturan atau pengungkapan masalah dan pembahasannya dalam artikel menjadi khas opini populer yang sangat berbeda kalau kita membaca teks naskah karya tulis ilmiah yang produk akademik di kampus-kampus atau karya hasil penelitian secara lengkap.

Lalu, bagaimana agar tulisan artikel opini populer itu menjadi enak dibaca, mengalir, namun pesannya tetap mengena dan argumentatif?

Pertama, kuasai masalah yang akan ditulis. Mulailah menulis dengan to the point saja, apa masalah yang hendak dibahas. Jangan bertele-tele dengan ulasan latar belakang, rumusan masalah dan rujukan. Bikinlah semacam alur penulisan secara garis besar agar dapat menuntun penulisan mengalir dari awal hingga akhir secara baik dan menarik.

Kedua, bersikaplah seperti kita sedang berbicara kepada banyak orang  yang umum. Tentu kita harus memperhatikan pula respon orang yang mendengarkan. Maka, menulis artikel opini populer haruslah disampaikan secara ringan juga. Ulaslah masalah secara point per point dengan tetap menggunakan gaya bahasa tutur yang menarik, tidak kaku.

Ketiga, tetaplah fokus pada runutan pembahasan suatu masalah secara logis, jangan meloncat-loncat. Biarkan mengalir mengungkap tentang masalah dan bagaimana sebaiknya solusi yang harus diambil. Tambahkan data pendukung secukupnya atau ilustrasi yang dapat menggambarkan pemahaman yang lebih mengena akan suatu masalah.

Keempat, meski dengan gaya penuturan yang santai dan mengalir, namun opini haruslah ditunjang dengan argumen yang kuat. Pengutipan pendapat orang yang memiliki otoritas dan kredibilitas terkait masalah yang sedang dibahas, boleh saja dilakukan, meski tetap mempertimbangkan secukupnya saja. Agar tidak merusak aliran penuturan atikel dari penulis sendiri.

Kelima, awali tulisan dengan kalimat yang menarik perhatian masyarakat umum. Hindari kalimat yang bersifat basa basi, tidak enak dibaca dan tidak menarik untuk melanjutkan pembacaan artikel.  Biasakan gunakan kalimat efektif, agar lebih menghemat panjang tulisan.

Keenam, akhiri tulisan dengan mengunci kesimpulan atas masalah yang diungkap diawal tulisan. Namun demikian, tetap saja dengan gaya bahasa yang mengalir dan menarik agar bisa memberikan kepuasan intelektual bagi pembaca.

Ketujuh, pilihlah judul yang menarik dan cukup populer. Hindari pilihan judul yang kaku seperti judul-judul yang biasa pada skripsi, tesis atau disertasi. 

Di luar itu semua, agar bisa menulis artikel opini populer yang menarik tentu saja perlu latihan berulang-ulang. Menulislah berkali-kali. Bacalah artikel milik orang lain dari berbagai gaya penulisan penulis-penulis yang sudah terkenal. 

Jangan menyerah untuk memulai menulis. Di awal pasti selalu ada banyak kekurangan di sana-sini. Jangan langsung behenti. Teruslah menulis lagi. Seiring waktu, lama kelamaan tulisan akan terus membaik dan menjadi lebih menarik juga.

Silakan mencoba...

77 komentar:

  1. Terima kasih ibu informasinya sangat membantu untuk pembelajaran(membuat proposal).
    Yoris diani p.g
    X mipa 6

    BalasHapus
  2. Penjelasan yang lengkap, santai, dan mudah dipahami, kereeen Ibu! - Fitri Aulia X MIPA 2 '24

    BalasHapus
  3. Abis baca ini jadi paham cara menulis artikel dan opini yg menarik,terimakasih ibu atas ilmunya
    Ocha triyani X IPS 1

    BalasHapus
  4. cocok banget buat kita yg ingin mulai membuat artikel opini namun masih bingung bagaimana caranya agar artikel kita bisa disukai dan tidak membuat mereka bosan membaca.. terimakasih Buu artikel nya kerenn
    -Anggie Anindhita M X IPS 3 '24

    BalasHapus
  5. Terima kasih ibu atas informasinya sekarang saya jadi mengerti cara menulis kalimat opini dengan benar.
    -Muhammad Ihsan
    -X MIPA 6

    BalasHapus
  6. terimakasih ibu atas informasinya, mudah dipahami
    -Bian Zaklfa
    -X MIPA 2

    BalasHapus
  7. Terimakasih ibu,sekarang saya jadi tahu dan paham tentang cara menulis artikel opini yang benar.
    -Salsabilla Ramadhani
    X MIPA 6
    Angkatam 25

    BalasHapus
  8. Terimakasih ibu,sekarang saya jadi tahu dan paham tentang cara menulis artikel opini yang benar.
    -Salsabilla Ramadhani
    X MIPA 6
    Angkatan 24

    BalasHapus
  9. Sangat mudah di pahami, terima kasih atas infonya bu..
    -febi syah haerlangga
    X MIPA 6

    BalasHapus
  10. Terimakasih Bu, Baguss Bu mudah dipahami!
    - Irsyad Nabil
    X MIPA 7
    24

    BalasHapus
  11. Terimakasih ibu atas ilmunya di artikel ini, sangat membantu sekali. sehingga saya menjadi tahu bagaimana caranya agar opini kita menjadi enak dibaca
    - Regina Putri Nayla
    X - IPS 2

    BalasHapus
  12. Terimakasih bu saya jadi mengerti cara membuat artikel opini dan ini sangat mudah dipahami
    -Najwa
    -X MIPA 2

    BalasHapus
  13. informasinya sangat bermanfaat, terimakasih bu
    -Salsabila Lathifah Azhari
    -X MIPA 7

    BalasHapus
  14. Informasinya sangat bermanfaat ibu,bisa dipahami dengan baik,dan menambah wawasan bagi pembaca,terimakasih banyak bu.
    - Rifa Fadillah
    - X MIPA 1

    BalasHapus
  15. Informasi yang lengkap,sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami.Terimakasih
    - Jita Sophia
    - X IPS 1

    BalasHapus
  16. Terimakasih bu informasi yang ibu berikan sangat bermanfaat bagi saya, ilmu pengetahuan saya bertambah sesudah membaca informasi bermanfaat yang ibu berikan, Terimakasih bu

    -salma hasna'dhiya khairi
    -X MIPA 4

    BalasHapus
  17. Terimakasih bu atas artikelnya yang sangat bermanfaat. Setelah membaca ini, saya termotivasi untuk belajar menulis artikel opini populer yang menarik.
    -Elvira Dylan Prasasty (09)
    -X MIPA 7 '24

    BalasHapus
  18. Terimakasih bu, informasinya sangat bermanfaat. Sekarang saya bisa lebih mengerti bagaimana cara membuat opini yang benar dan tepat.
    -Devina Antania S R
    -X MIPA 6
    -Angkatan 24

    BalasHapus
  19. Terimakasih ibu,artikelnya sangat bermanfaat dan menambah wawasan
    Nama: Alya Zalfa A
    Kelas: X mipa 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  20. Terimakasih ibu , artikel nya sangat membantu saya dalam menambah wawasan
    Nama:Naufal nur azies
    Kelas:x(MIPA6)
    Angkatan 24

    BalasHapus
  21. Terimakasih bu informasinya, artikel nya mudah dipahami dah saya jadi tahu cara menulis artikel opini yang bagus dan menarik

    Nama : zachra salsabila (36)
    Kelas: X MIPA 7
    Angkatan 24

    BalasHapus
  22. Penjelasan yang menurut saya mudah untuk dipahami, penjelasan ini cocok untuk seseorang yang ingin menulis artikel opini populer. Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat ini.
    Nama : Muhammad Azharul Firdaus
    Kelas : X IPS 1
    Absen : 20
    Angkatan 24

    BalasHapus
  23. terima kasih ibu atas informasinya, artikel ini sangat membantu sekali.
    Nama : Nisrina Zeniar Rachmani
    Kelas : X MIPA 2

    BalasHapus
  24. terimakasih atas informasinya, artikel ini sangat membantu dalam menambah wawasan / pengetahuan para pembaca dalam menulis 'artikel opini populer'
    nama : zhenyar alya (35)
    kelas : X MIPA 2

    BalasHapus
  25. Terima kasih banyak informasinya bu. Lengkap,jelas dan mudah dipahami. Sangat membantu saat ingin menulis opini.

    BalasHapus
  26. Terima kasih banyak informasinya bu. Lengkap,jelas dan mudah dipahami. Sangat membantu saat ingin menulis opini.
    Nama : Nadia Novana Aulia
    Kelas : X MIPA 7
    Angkatan : 24

    BalasHapus
  27. terimakasih bu, artikel ini sangat membatu
    nama : irma tri lestari
    kelas : X MIPA 5

    BalasHapus
  28. terimakasih banyak bu,artikel ini sangat membantu sekali
    Nama : Ausi Rizkika Amalia
    Kelas : X MIPA 7

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Terimakasih bu, berkat informasi di atas, saya menjadi paham bagaimana tips menulis artikel opini!! sangat useful :D
    Nama: Naila Salsabila Az-Zahra
    Kelas/No. Absen: X MIPA 4/22

    BalasHapus
  32. Terimakasih bu,artikelnya sangat membantu saya

    Clarisa gendis susanti
    X mipa 2

    BalasHapus
  33. terimakasih bu, saya jdi tau cara menulis artikel opini dengan baik dan benar. Tentunya tidak membuat banyak orang merasa tidak nyaman saat membacanya, karna saya sendiri suka membaca berita, yg mana sangat paham bahwa sebuah judul/awalan artikel sangat penting untuk membuat orang lain tertarik untuk membacanya.

    Nama : Nur Ida Suheni (25)
    Kelas : X MIPA 1

    BalasHapus
  34. Terimakasih bu atas ilmu nya, artikel ini sangat membantu dan membimbing saya

    FaizFazleMawlana
    X IPS 3

    BalasHapus
  35. Terima kasih bu,berkat artikel ini saya paham,dan sangat membantu
    Isna Nur Alifiani
    X MIPA 2

    BalasHapus
  36. Terimakasih ibu, Artikel ini sangat membantu

    Marsya Amelia putri
    X MIPA 1

    BalasHapus
  37. artikel jelas dan mudah di pahami, terimakasih ibu.

    Khulud Miftahul
    X IPS 1

    BalasHapus
  38. Terima kasih Bu, lengkap, jelas, dan mudah dipahami, dan artikel ini membantu saya dalam menulis opini

    Annida Nur Kamaliyah
    X IPS 3

    BalasHapus
  39. Terimakasih bu, artikel ini sangat bermanfaat dan mudah dipahami.

    Nama : Gaida Nuraisya (11)
    Kelas: X MIPA 1

    BalasHapus
  40. terimakasihbu,artikel ini sangat membantu juga bermanfaat untuk menulis opini yang baik dan benar

    nama : Ghisa Elvani Azzahra (12)
    kelas : X IPS 1

    BalasHapus
  41. terimakasih bu, sangat membantu untuk mudah menulis artikel opini populer

    Rexa Nizar Pradiva (26)
    X MIPA 2

    BalasHapus
  42. Terimakasih ibu, saya menjadi tau bahwa ketika kita ingin menulis artikel opini populer itu harus mempunyai tekad kuat, tidak mudah menyerah agar mendapat hasil yang baik

    Novita Dian Fatmayanti (26)
    X IPS 2

    BalasHapus
  43. terimakasih ibu, saya jadi mengerti dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menulis artikel opini populer.

    Felisha Vebyana (12)
    X IPS 3

    BalasHapus
  44. Terimakasih bu informasinya, artikel nya mudah dipahami dah saya jadi tahu cara menulis artikel opini yang bagus dan menarik

    Nama : zachra salsabila (36)
    Kelas: X MIPA 7

    BalasHapus
  45. Terima kasih bu untuk informasinya tentang cara menulis artikel opini yang benar,saya jadi paham dan mengerti untuk menulis artikel yang baik dan benar

    Nama : Najwa Basandid
    Kelas : X IPS 1

    BalasHapus
  46. waww, ga nyangka ternyata unik juga cara menulis artikel yg benar, termakasi ibu sekarang saya udah mulai paham cara menulis artikel yg bagus yg benar tuh kaya gimana

    Nama:amrand m.f(3)
    Kelas:X IPS 3

    BalasHapus
  47. Terima kasih Informasinya sangat bermanfaat bu dan mudah dipahami

    Rila (x mipa 2)

    BalasHapus
  48. Terimakasih ibu sudah memberi informasi dengan jelas dan sangat bermanfaat bagi diri saya sendiri

    BalasHapus
  49. Untuk menambah wawasan

    Fajar (x ips 3)

    BalasHapus
  50. Terima kasih bu informasinya, artikel nya mudah dipahami dah saya jadi lebih tahu cara menulis artikel opini yang bagus dan menarik.
    nama : zhenyar alya
    kelas : X MIPA 2

    BalasHapus
  51. terimakasih untuk informasi nya , artikel nya sangat mudah untuk dipahami

    Tiara X mipa 5

    BalasHapus
  52. Terimakasih bu sudah memberikan artikel yang mudah untuk dipahami

    keisya aura (x mipa 7)

    BalasHapus
  53. terimakasih ibu artikelnya sangat membantu
    haura nada x mipa 7

    BalasHapus
  54. Terimakasih informasinya bu, artikel ini samgat mudah dipahami saya jadi tahu cara menulis artikel opini dengan baik dan benar

    Rifalina Amira Zalfa
    X MIPA 1

    BalasHapus
  55. Artikel ini sangat membantu dan mudah untuk dipahami, terimakasih bu

    Putra Hendrian Buana
    X MIPA 7

    BalasHapus
  56. artikelnya mudah dipahami dan sangat membantu untuk membuat artikel opini, terimakasih bu

    Tiara HQQ
    X MIPA 7

    BalasHapus
  57. Artikel ini memudahkan saya untuk membuat blog yang mudah bagi pemula

    Rajib shah jahan
    X MIPA 5

    BalasHapus
  58. Artikelnya singkat tetapi jelas, detail dan mudah dipahami, dan sangat membantu memahami apa itu artikel opini dan cara membuat artikel opini.
    Dwi Mahardika R. N (X IPS 1)

    BalasHapus
  59. Terimakasih ibu,sekarang saya jadi tahu dan paham tentang cara menulis artikel opini yang benar.

    Vito ramdhan pangestu
    X MIPA 5

    BalasHapus
  60. cocok banget buat kita yg ingin mulai membuat artikel opini namun masih bingung bagaimana caranya agar artikel kita bisa disukai dan tidak membuat mereka bosan membaca.. terimakasih Buu artikel nya kerenn
    -Anggie Anindhita M X IPS 3

    BalasHapus
  61. terima kasih ibu dengan informasi ini saya bisa tau cara untuk membuat artikel opini yang bsik dan benar..
    -Ghita Dwi Cahya A X MIPA 3

    BalasHapus
  62. info yang sangat bermanfaat,mudah dipahami juga,terimakasih ibuu
    -Like syakila X IPS 3

    BalasHapus
  63. Ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya yang ingin membuat blog dan tidak tahu bagaimana cara menulis artikel opini yg populer agar blog saya dilirik oleh kalangan masyarakat/teman-teman sekolah, terimakasih bu atas ilmunya.

    -Rido Erik A. (29)
    X-IPS 3

    BalasHapus
  64. Terimakasih ibu atas segala penjelasan dan informasi yang ada di artikel ini, semoga segala informasi yang ada di artikel ini bisa saya terapkan di kegiatan sehari-hari

    Pricilla Levinadewi (25)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  65. Terimakasih ibu penjelasannya mudah di mengerti dan lengkap, semoga penjelasan yg ada di artiker ini bisa berguna untuk kegiatan sehari hari

    Laudya Addeline Zahra (17)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  66. Info nya sangat bermanfaat, terimakasih bu

    Indah Suci R (15)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  67. Terimakasih ibu Informasi sangat membantu dan saya jadi paham dan mengerti untuk menulis artikel yang baik dan benar

    Dliya Nabilah (09)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  68. Artikelnya mudah dipahami dan lengkap, sangat membantu untuk menulis artikel opini.

    Zalfa febriyanti(36)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  69. terimakasih ibu atas info yang sudah diberikan, saya jadi tau bagaimana cara penulisan artikel opini supaya menarik banyak pembaca dan ringan untuk dibaca

    BalasHapus
  70. terimakasih ibu atar informasi nya, saya jadi tau bagaimana cara nya menulis artikel opini agar menarik banyak pembaca dan ringan di baca. semoga bisa di terapkan di kehidupan sehari hari!

    Nailaritza (22)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  71. Terima kasih bu untuk informasinya tentang cara menulis artikel opini yang benar,saya jadi paham dan mengerti untuk menulis artikel yang baik dan benar

    vega dwi maharani (34)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  72. Terima kasih ibu informasinya sangat membantu untuk pembelajaran(membuat proposal). Nadhif Dhiyaulhaq Zabadi x Mipa 6

    BalasHapus
  73. terima kasih bu atas informasinya saya jadi paham menulis artikel yang baik dan benar

    Nanda Bestari (23)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  74. Terima kasih ibu, informasi nya sangat membantu untuk kita yg ingin menulis artikel, karena sangat mudah untuk dipahami.

    Nicken Tabina Batubara (24)
    X MIPA 3

    BalasHapus
  75. Terima kasih ibu informasinya, informasi ini sangat membantu saya dalam membuat proposal yang baik dan benar,mudah dipahami dan simple.

    Muhamad Fauzi
    MIPA 3

    BalasHapus
  76. Terimakasih bu atas artikelnya yang sangat bermanfaat.
    -Afzal Ghifari Faizullah (01)
    -X MIPA 3

    BalasHapus
  77. Terimakasih bu atas infonya, insyaallah sangat bermanfaat untuk umat.
    -hilmi Kamaludin Nur (14)
    -x MIPA 3

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.