Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

Aplikasi Banner Maker, Free Template Keren


Buat yang lagi cari aplikasi untuk bikin banner cantik dan keren, aplikasi ini salah satunya yang cocok. Diunduh lebih dari 1 juta, dengan tingkat kepuasan bintang 4,6. 

Di aplikasi ini tersedia template berbayar, tapi cukup lumayan banyak juga template yang free alias gratis. Cocok buat mereka yang sedang membutuhkan template banner gratisan, misalnya untuk bikin banner promo, ucapan selamat, konten status di sosmed, dan lain-lain.

Namanya aplikasi "Banner Maker Photo and Text", dapat diunduh di Google Playstore. Ini link unetuk mendownload, klik di sini.




Setelah berhasil download dan instal, silakan buka aplikasinya. Akan terlihat di layar HP seperti di bawah ini.




Secara umum ada dua bagian fitur pada halaman utama aplikasi ini. Pada barisan atas, tersedia fitur pilihan: Buat Banner dan Templat. Buat Banner artinya bikin dengan desain banner sendiri, sedangkan Templat berarti bikin banner berdasarkan template yang sudah ada, kita tinggal mengganti di sana sini sesuai keinginan.

Dalam prakteknya, kita akan lebih cenderung memilih template saja, karena dirasa lebih praktis dan model serta bentuknya sudah ada contohnya. Jadi tinggal pilih, mana model yang dirasa cocok dengan banner yang mau dibuat.

Sementara itu, pada barisan di bawah terdapat fitur Desain Saya dan Banner Saya. Ini adalah fitur untuk membuka kembali Banner yang pernah dibuat dan disimpan. Fitur Aplikasi Tambahan adalah link yang mengarahkan ke aplikasi-aplikasi lainnya di Google Playstore.

Mulai dengan klik Templat. Maka, akan terbuka layar dengan pilihan banyak Template. Ada yang gratis ditandai dengan stiker berwarna hijau "Free" dan ada Template yang berbayar yang ditandai dengan stiker warna merah ikon dolllar $.


Untuk pilih Template yang gratis, klik template yang berstiker warnah hijau dengan tulisan "Free".  Di bagian bawah layar terdapat kategori Template, antara lain Free Design, LNS Banner, FB Mobile Banner, FB Ads Banner, FB Banner,  Rollup Banner, Youtube Banner, Twi Banner, Sale, Party, Brand, Food, travel, event, dan lain-lain.



Silakan lihat-lihat model template yang cocok, baik dari segi bentuk, ukuran atau peruntukannya. Bila sudah ada yang cocok, tinggal klik saja. Template yang di-klik merupakan bahan banner yang akan diedit untuk menjadi banner yang kita inginkan.

Misalnya, kita memilih salah satu banner untuk keperluan promo seperti yang tampak pada contoh di bawah ini.


Perhatikan contoh gambar template di atas. Di sebelah kiri gambar, secara vertikal terdapat fitur tool untuk menambahkan: Latar Belakang, Seni, Teks, Efek dan Gambar.

Fitur "Latar Belakang" saat di-klik akan muncul sub fitur: Latar Belakang, Tekstur, Gambar Gradien dan Warna.  Saat meng-klik bagian yang akan diedit, maka otomatis akan muncul fitur Kontrol, Font, Bayangan, Latar dan 3 D.





Fitur Kontrol berfungsi untuk mengatur posisi teks atau gambar yang diedit, bisa ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah. Bisa merapat ke kiri, merapat ke tengah (pusat) atau merapat ke kanan. Ada juga fitur untuk duplikat atau Copas untuk bagian tertentu yang ingin digandakan, serta fitur "Edit" untuk memasukkan teks.

Untuk menambahkan ikon atau gambar kecil yang tersedia di aplikasi, silakan klik fitur "Seni".  Untuk menambahkan teks silakan klik fitur "Teks". 






Untuk menambahkan efek, silakan klik fitur "Efek", dan untuk menambahkan gambar atau foto, silakan klik fitur "Gambar".





Sedangkan pada bagian sebelah kanan atas terdapat fitur tool: Save, Kotak-kotak, dan Layer. Save berfungsi untuk menyimpan banner setelah beres mengedit. Ikon kotak-kotak berfungsi untuk membantu dalam menandai posisi penempatan teks atau gambar agar lebih tepat.






Ikon "Layer" berfungsi untuk mengontrol bagian-bagian yang akan diedit, bisa berupa teks atau gambar. Bisa dilakukan penguncian atau dibuka untuk bagian-bagian tertentu pengeditan. Juga, bisa menukar posisi bagian-bagian yang diedit untuk diletakkan di depan atau di belakang dari bagian lain.

Bila editing sudah dianggap beres, silakan klik fitur SAVE. Maka, contohnya akan seperti ini, yaitu berupa banner promo.




Banner promo di atas hanyalah contoh saja. Silakan edit template banner sebaik dan sebagus mungkin, Bukan hanya konten pesan yang ingin disampaikan terwakili, tapi juga harus mempertimbangkan segi estetika dalam komposisi, ukuran, penempatan dan konfigurasi warna. 

Selamat mencoba...



11 komentar:

  1. Kelihatannya ribet,tapi artikel ini mudah dipahami oleh saya,sangat membantu!

    Candra Adi Winata
    X IPS 3

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat membantu orang yang sedang mecari tahu cara membuat banner karena artikelnya cukup lengkap dan mudah dipahami. Artikelnya juga memberi tau aplikasi yang bagus dan gratis untuk membuat banner dan dijelaskan dengan cukup jelas di aplikasinya tersedia template sehingga makin memudahkan. Terimakasi bu atas artikelnya yg sangat bermanfaat dan mebantu para pemula yg mau membuat banner

    Cheryl apricila (06)
    X ips 2

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas tanggapannya ya

    BalasHapus
  4. waahh artikelnya membantu bangett, penjelasannya detail, mudah di pahami, banyak template menarik, gratis pula aplikasi nyaa. terimakasih bu atas informasinyaa

    Nayla Chaerunnissa [26]
    X MIPA 6

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih banyak Bu, atas artikel yang ibu buat. Sangat membantu bagi saya yang ingin mencoba belajar membuat Banner simple dan menarik. Apalagi aplikasi yang ibu sarankan gratis dan mudah untuk di download di HP, sekali lagi terima kasih banyak, Bu. Saya akan mencoba berkreasi sekarang juga!😉

    Nama : Marshya Putri Artikasari
    Absen : 17
    Kelas : X IPS 1

    BalasHapus
  6. terimakasih banyak Ibu. setelah saya baca penjelasan nya sangat membantu dan mudah dipahami. kata katanya pun jelas dan sangat detail, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membantu kita membuat banner dengan bentuk dan motif yang bermacam macam, sekali lagi terimakasih informasinya bu, saya akan mencoba mendownload aplikasi ini dan membuat banner saya sendiri ^^

    Nama : Ayunda Alya Tsamara (7)
    kelas : X MIPA 6

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak bu setelah saya membaca penjelasannya akhirnya saya paham cara penggunan aplikasi tersebut.Aplikasi ini sangat berguna bagi para designer terutama saya sendiri yang menyukai bidang design.

    Nama:Reyhan Berino Athallah (26)
    Kelas:X MIPA 1

    BalasHapus
  8. Artikelnya sangat berguna, terutama bagi saya yang memang dari awal menyukai dunia design, penjelasannya pun mudah dimengerti. Aplikasinya cukup mudah digunakan karena ada fitur template disana, apalagi ini aplikasi gratis. Terimakasih bu atas artikelnya.

    Nando Andika Pratama (23)
    X MIPA 4

    BalasHapus
  9. Artikel nya bagus ibu membantu kita yg akan membuat design tetapi tidak begitu ahli kita bisa mencoba memakai template yg sudah ada untuk dijaadikan referensi dan juga mempermudah kita dalam memilah milih design karena tersedia banyak pilihan, apalagi banyak template yg gratis


    Rahma Nur Padillah (30)
    X MIPA 6

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.