Header Ads

Header ADS

BREAKING NEWS :
Loading...

04. Perbaiki Kebiasaan, Atur Pola Hidup



Oleh Sri Endang Susetiawati
Kamu pun perlu berlatih untuk mengubah pola hidup, memperbaikinya dan mengatur diri sendiri secara baik. Sangat mungkin, kesulitan belajar sebenarnya berawal dari pola hidup kamu yang salah dalam membagi waktu.
Jadi, mengatasi kesulitan kamu dalam belajar, salah satunya adalah dengan mengubah pola hidup kamu atau menjadwal ulang kebiasaan kamu, khususnya selama kamu berada di rumah atau di luar sekolah.  Mungkin dianggap sepele, namun hal ini sangat penting bagi perubahan diri kamu.
Aturlah dan bagilah waktu kamu di rumah dengan mengutamakan keperluan kamu dalam belajar sebagai urutan nomor satu. Jangan sebaliknya, justru alokasi waktu belajar menjadi urutan terakhir. Itu pun apabila kamu dirasa masih ada waktu yang tersisa.
Misalnya, setelah kamu biasa bermain atau nongkrong dengan teman-teman, atau kamu usai menghabiskan waktu dengan menonton televisi, bermain game komputer, bermain internet atau terlampau asyik dalam “berfacebook ria”. Ubahlah, bahwa waktu bermain dan berteman adalah waktu sisa setelah kamu selesai belajar dan berlatih dengan cukup
Berlatihlah kamu dalam mengalokasikan waktu yang bermanfaat bagi kepentingan sukses belajar kamu sendiri. Biasakanlah, kamu mengutamakan waktu belajar sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri, hingga kamu benar-benar telah menguasai materi pelajaran yang kamu pelajari.
Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk belajar, amat tergantung pada berapa lama kamu dapat menyelesaikan tugas belajar dan berlatih secara memadai. Tambahkan pula, dengan menghitung berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengatasi kesulitan belajar. *** By Srie.

(Bersambung....)

6 komentar:

  1. Terimakasih bu sudah mau berbagi ilmu, semoga sehat selalu dan dilancarkan rezekinya.. mulai sekarang saya akan memperbaiki kebiasaan buruk dan mengatur pola hidup dalam membagi waktu.

    Nama:Rido Erik A.
    Kelas:X IPS 3
    2021/2022

    BalasHapus
  2. Terimakasih ibu, atas ilmu yang telah ibu berikan... Saya akan berusaha untuk merubah pola hidup yang tidak mendatangkan manfaat untuk saya maupun orang lain, dan berusaha untuk membagi waktu dalam kehidupan sehari-hari.

    Nama : Ezza Amalia Putri
    Kelas : X MIPA 6 24'

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu atas informasi, ilmu dan sebagainya.ini sangat membantu saya untuk lebih baik dalam pola hidup saya. Pola hidup sehat itu sangat penting dan tidak semua orang bisa mwngatur pola hidup masing masing dengan baik. Jadi dari sekarang harus lebih menjaga pola hidup.

    Nama :khirani mustika sari
    Kelas: X Mipa 4

    BalasHapus
  4. Artikel ini sangat bermanfaat. Terima kasih banyak bu.. Mulai sekarang, saya akan lebih semangat untuk mengatur pola hidup saya karena itu sangat penting untuk kedepannya. Saya akan bermain setelah saya selesai belajar dengan sungguh-sungguh.

    Jihan Aulia Rahma X IPS 2

    BalasHapus
  5. Terimakasih bu untuk ilmunya, saya akan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar pola hidup lebih teratur.

    Elvira Dylan Prasasty X MIPA 7

    BalasHapus
  6. Terimakasih ibu... Artikel ini sangat bermanfaat. Saya akan berusaha mengubah pola hidup saya. Dengan mengisi waktu dengan hal hal yang lebih bermanfaat. Juga dengan kita membagi waktu dengan baik, in syaa allah pola hidup kita juga akan baik

    Elviera Amalia Mulyani
    X MIPA 6

    BalasHapus

Kami menghargai komentar yang relevan dengan konten tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dan tidak mengandung unsur kebencian berdasarkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

Diberdayakan oleh Blogger.